RANTAUPRAPAT - LT : Upaya berbenah diri terus dilakukan Pemerintah Kabupaten
Labuhanbatu, kali ini pembenahan pelayanan dilakukan dengan
memanfaaatkan sistem jaringan guna meningkatkan akuntabilitas,
efisiensi, efektifitas dan transparansi pada proses pengadaan barang dan
jasa pemerintah.
Pembenahan
tersebut dilakukan dengan menggelar launching Layanan Pengadaan Secara
Elektronik (LPSE) dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) di Seroja Ballroom
Hotel Suzuya Rantauprapat, Selasa (15/05).
Launching
LPSE dan ULP itu ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh
Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusanan Siregar SpPD. Acara tersebut
dihadiri oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Suhari Pane SIP, Kasdim 0209, Plt
Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap SH, Asisten Administrasi Umum
Ahmad Muflih SH, para kepala SKPD, Kepala Biro Administrasi Pembangunan
Propinsi Sumut Ir Ibnu Tri Hutomo, Direktur Monitoring dan Evaluasi
LKPPI RI Jakarta Ir Riadi Korem Dipl He, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa
dan Konstruksi Propinsi Sumut Ir Muniarti Pasaribu dan pihak
rekanan/kontraktor.
Dalam
sambutannnya Tigor mengatakan, peresmian LPSE ini merupakan bukti
komitmen Pemkab Labuhanbatu terhadap pengadaan barang/jasa yang
dilakukan lebih terbuka, terjangkau, kompetitif, efisiensi dan lebih
transparan. Selain itu, juga mencipatakan persaingan usaha yang sehat,
dan menyediakan informasi yang benar bagi masyarakat.
Kelebihan
lainnya lanjut Bupati, sistem LPSE atau e-Procurement bisa menghindari
praktek KKN sehingga lebih menjamin tersedianya informasi, kesempatan
dan peluang usaha di bidang pengadaan barang dan jasa pemerintahan
secara adil dan merata.
“Saya
harap agar pelaksanaan LPSE ini mendapat dukungan penuh dari semua
pihak, baik SKPD maupun instansi vertikal dan stakeholder lainnya” jelas
Tigor.
Lanjutnya,
khusus bagi pihak rekanan selaku mitra kerja pemerintah, saya
menghimbau untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuannya agar
dapat memahami sistem LPSE Labuhanbatu sehingga di dalam operasionalnya
nanti, seluruh pihak dapat mengikuti prosesnya sesuai dengan mekanisme
dan aturan yang berlaku.
Sementara
itu Kepala Biro Administrasi Pembangunan Propinsi Sumut Ir Ibnu Sri
Hutomo dalam sambutannya mengatakan melalui LPSE ini semua rekanan
memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemenang tender, pasalnya,
dalam LPSE semua pengadaan akan ditampilkan sehingga semua rekanan dapat
mengaksesnya. Lanjut Ibnu, pengadaan barang/jasa melalui LPSE ini
tidak hanya akan diketahui oleh rekanan lokal akan tetapi rekanan dari
daerah lainnya. Mereka juga berkesempatan untuk mengajukan penawaran.
Sebelum
Plt Asisten II Ekbang Setdakab Labuhanbatu Ir.Suprapto dalam laporannya
menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka
menyamakan persepsi dalam memahami Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun
2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Pemerintah Daerah
Kabupaten Labuhanbatu melalui Bagian Pembangunan mengadakan Sosialisasi
LPSE.
"Disamping
itu juga sekaligus untuk meningkatkan kemampuan/SDM aparatur di
lingkungan Pemkab Labuhanbatu dan Penyedia Jasa Konstruksi tentang
pengadaan barang/jasa Pemerintah, serta terlaksananya perlindungan
Jamsostek bagi tenaga kerja di sektor Jasa Konstruksi.
Sedangkan
sasarannya ada tiga yaitu, pertama, agar proses pengadaan barang/jasa
benar-benar dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang
berlaku. Kedua, meminimalisir penyimpangan-penyimpangan dan sanggahan
dalam pengadaan barang/jasa. Dan ketiga, terjalinnya hubungan kerjasama
antara PT. Jamsostek dengan penyedia Jasa Konstruksi dalam pelaksanaan
perlindungan bagi tenaga kerja.
Peserta
dalam kegiatan ini adalah para Pengguna Anggaran atau para Pejabat
Pembuat Komitmen (PPK)/Personil ULP/LPSE dan Panitia/Pejabat Pengadaan
Barang/Jasa dan beberapa SKPD Labuhanbatu yang berjumlah sekitar 100
orang.
Sebagai
narasumber dalam sosialisasi ini dari Lembaga Kebijakan Pengadaan
Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Layanan Pengadaan secara Elektronik
(LPSE) Propinsi Sumut, Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi Daerah
(LPJKD) Propinsi Sumut dan PT Jamsostek Cabang Kisaran.(Tim).
