home
Home » » Ciri Khas Kerajinan Labuhanbatu Harus Kita Miliki

Ciri Khas Kerajinan Labuhanbatu Harus Kita Miliki


Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD ketika meninjau Gedung Dekranasda
RANTAUPRAPAT, Rabu (1/2): Kita harus memiliki kerajinan dengan ciri khas Labuhanbatu, karena hampir semua daerah telah memiliki kerajinan khas masing-masing, seperti kain songket Palembang yang telah terkenal sampai ke mancanegara.
Kita juga dapat berbuat seperti itu asalkan ada kemauan dari para pengerajin dan pihak Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Labuhanbatu siap membantu kearah itu.
Demikian dikatakan bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD ketika memberikan arahan pada peresmian Gedung Gewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Labuhanbatu,.
Tigor mengatakan, dulu kita memiliki kain tenunan khas Labuhanbatu tetapi motifnya kelihatan sudah tidak up to date lagi, sehingga memerlukan perobahan kreatifitas dan inofasi dari pengerajinnya yang membuatnya lebih elegan dan modern.
“Kalau memang ada kemauan kita akan datangkan disainer untuk menciptakan kain tenun khas Labuhanbatu yang mampu bersaing dengan daerah lain”, ujar Tigor.
Tigor juga meminta Dekranasda Labuhanbatu untuk melakukan pembinaan terhadap pengerajin mulai dari tingkat kecamatan sampai desa/kelurahan. “Lakukan gerakan kerajinan yang dimulai dari gedung ini”, tegas Tigor.
Tigor juga mengatakan, bahwa Labuhanbatu memiliki makanan buah khas Labuhanbatu berupa nenas Panai yang sudah terkenal. Jadi, kita dapat mengolahnya menjadi keripik nenas sehingga menjadi nilai tambah bagi petani nenas di daerah pantai.
“Kalau kita mau melakukan inovasi dan meningkatkan kreatifitas terhadap berbagai kerajinan tradisional yang kita miliki, saya yakin kita juga akan mampu melahirkan berbagai produk kerajinan yang mampu bersaing dengan daerah lain”, kata Tigor.
Ketua Dekranasda Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila TP Siregar SpTHT mngatakan, Dekranasda merupaka wadah bagi para pelaku industri kecil dan pengerajin untuk mempromosikan hasil karyanya.
Oleh sebab itu, kata Fitra Laila, Dekranasda akan memfasilitasi terjalinnya kerja sama antara pelaku industri dan pengerajin dengan pemerintah serta dengan dunia usaha lainnya.
“Selain itu, kami juga akan memberikan pembinaan, pendidikan dan pelatihan bagi para pengerajin agar lebih mandiri dan berkualitas”, ujarnya.
Dijelaskannya, bahwa sejak terbentuknya Dekranasda Kabupaten Labuhanbatu Periode 2010-2015 berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain mengikuti pameran PRSU di Medan, mengikuti Rakernas Dekranas di Jakarta, Mengikuti Expo di Banda Aceh, Mengikuti Pameran Teknologi Tepat Guna di Kisaran, Membuat disain pakaian dinas batik khas Labuhanbatu bagi PNS, dan lain-lain.
Hadir pada acara itu antara lain Dan Dim 0209/LB Letkol Inf Iman Sakti Zebua, Wakil Bupati Suhari Pane SIP, para Asisten, kepala SKPD, pengurus PKK dan para pengerajin.(Tim)
Share this article :