home
Home » » Pembukaan MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu

Pembukaan MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu


Tarian Kolosal Warnai Pembukaan
RANTAUPRAPAT, LT : Tarian kolosal dengan judul Kesatuan Bangsa yang menggambarkan perjalanan bangsa Indoensia sejak zaman sebelum penjajahan sampai saat kemerdekaan mewarnai Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasiopnal (MTQN) ke-41 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang diselenggarakan di Lapangan Carotine Desa N-6 Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (10/04-12) malam.
Acara pembukaan berlangsung meriah dihadiri ribuan pengunjung tumpah ruah menyaksikan acara yang dibuka Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, sekitar pukul 20.30 Wib.
Diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Qori Internasional H Darwin Hasibuan SPdI mampu memukau hadirin seakan jarum jam tak mampu berdetak, hening dan syahdu mendengarkan alunan asma Allah berkumandang di lapangan milik PTPN III Aek Nabara Selatan itu.
Qori yang berhasil meraih juara pertama MTQ Internasional di Teheran, Iran, menjadi salah satu idola penonton pada malam itu. Tidak heran mulai naik sampai turun dari panggung mata penonton selalau mengikuti kemana arah sang qori tersebut dan adapula yang menyempatkan untuk sekedar foto bareng.
Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dalam kata sambutannya mengatakan, MTQ diharapkan menjadi momentum mengajak generasi muda khususnya, untuk kembali memahami dan mengamalkan kandungan Al Quran sehingga terhindar dari krisis moral.
”Dengan memahami dan mengamalkan kandungan Al Quran, generasi muda juga akan terhindar dari hal-hal berbau penyakit masyarakat, maksiat dan lain sebagainya,” ujar Tigor
MTQ juga merupakan momen untuk membangun masyarakat yang berkarakter dan berbudaya luhur, serta mengembangkan tradisi mengaji pada magrib hari. ”Gerakan Magrib Mengaji yang kita kenal dengan Gemar Mengaji ini telah kita canangkan pada tahun lalu di daerah ini, semoga kegiatan ini menjadi tradisi generasi muda kita”, kata Tigor.
Untuk mendukung kegiatan ini, kata Tigor, Pemkab Labuhanbatu juga telah membagikan sebanyak 5000 buah Alqur’an di berbagai masjid di Labuhanbatu pada saat Safari Ramadhan tahun lalu. Pembagian Alqur’an ini akan kita lanjutkan pada Safari Ramadhan yang akan datang dengan harapan gerasi muda kita semakin mencintai dan memahami isi kandungan Alqur’an.
Terkait dengan pelaksanaan Festival Nasyid, Tigor mengajak generasi muda untuk terus berkreasi menggali budaya lokal dan menjadikannya budaya yang dicintai sekaligus diminati. Nasyid sebagai seni budaya religi Islami, jelas Tigor, diyakini akan mampu membentengi generasi muda dari derasnya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya lokal.
Ketua DPRD Hj Ellya Rossa Siregar SPd pada kesempatan itu menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras meramu acara sehingga terkesan mewah dan enak ditonton.
“Kami juga mendukung sepenuhnya acara ini dan semoga akan lahir putra-putri terbaik daerah ini yang akan mewakili Labuhanbatu ke event yang lebih tinggi”, ujar Ellya Rossa.
Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Camat Bilah Hulu Robiul Amin S Sos dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan itu dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 10-14 April 2012.
Untuk kegiatan MTQ akan diikuti peserta dari seluruh kecamatan di Labuhanbatu tingkat anak-anak, remaja dan dewasa putra-putri. Sementara untuk Festival Nasyid diikuti sebanyak 19 tim putra-putri dari 9 kecamatan.
Pembukaan MTQ yang ditandai dengan pemukulan bedug oleh bupati dan wakil bupati didampingi oleh unsur pimpinan daerah Labuhanbatu itu dihadiri oleh Plt Sekdakab H Ali Usman Harahap SH, Ketua TP PKK Hj Fitra Laila SpTHT, Wakil Ketua TP PKK Fitri Suhari, para Asisten, para kepala SKPD, Ketua MUI, Orms Islam, OKP dan ribuan masyarakat sekitar.
Sebelumnya juga telah dilangsungkan pawai ta’aruf yang dimeriahkan dengan marching band dari Perguruan Al-Ittihad, gabungan murid SD se Bilah Hulu dan siswa-siswi SMA Persiapan Bilah Hulu dan marching bang Gema Bayangkara Rantauprapat.(Tim).

Share this article :