home
Home » » KIPP Labuhanbatu Gelar Temu Penyuluh se-Kabupaten Labuhanbatu

KIPP Labuhanbatu Gelar Temu Penyuluh se-Kabupaten Labuhanbatu


RANTAUPRAPAT, LT : Sebagaimana dituangkan dalam UU No. 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan bahwa Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan  adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
KIPP_1.JPG
Untuk itu Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian Labuhanbatu baru-baru ini melaksanakan Temu Penyuluh se Kabupaten Labuhanbatu bertempat di Aula Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian Labuhanbatu yang dihadiri oleh seluruh Penyuluh Kabupaten, Kecamatan dan Penyuluh di tingkat Desa.
Kepala Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Carles Tampubolon, SST memeinta agar Penyuluh selalu berdisiplin dalam melaksanakan tugas “LAKU-SUSI” yaitu Latihan, Kunjungan dan Supervisi. Penyuluh harus memiliki rasa empati terhadap Petani. Penyuluh mengemban tugas mulia yaitu sebagai pembawa suluh atau sinar terang bagi Petani beserta Keluarganya. “Jangan sekali-kali melukai hati petani”, tegasnya.
Dengan penyuluhan yang disampaikan kepada Petani maka pengetahuan (cognitive), keterampilan (psikomotor) dari petani dan keluarganya diharapkan dapat meningkat, sampai terjadinya perubahan sikap (affective) sehingga produktifitas petani semakin meningkat.
“Bimbinglah Kelompok Tani dalam penyusunan RDKK, dan jangan sekali-kali penyuluh melakukan pengutipan-pengutipan termasuk kepada Pengelola Dana PUAP di Gapoktan maupun kepada kios-kios penyalur Pupuk Subsidi”, pintan Charles.                        
Selain itu, Carles Tampubolon, SST juga meminta agar Penyuluh melaksanakan tugas sesuai jadwal kunjungan, sementara Kelompok Jabatan Fungsional di Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan supervisi ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) dan Koordinator beserta Supervisor BPP melakukan bimbingan dan pengawasan ke Penyuluh di WKPP dan ke Kelompok Tani.
Materi pertemuan yang cukup padat itu diisi dengan monitoring laporan kegiatan di lapangan yang dilakukan oleh Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi, Aidil Masyhur SP, Kepala Seksi Pengembangan Kelembagaan Gunawan ST, Kepala Seksi Program Sehati SP bersama Selfrita Eka Wati Sinaga AMd, Staf PUAP Kabupaten H Deni P Siregar SP, Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional H Hidayat Nasution, dan Asisten Tehnis Program FEATI H Pangkat Lubis.
Pada sesi akhir dilakukan tanya jawab seputar pelaksanaan tugas termasuk hambatan atau kendala yang dihadapai oleh Penyuluh di lapangan.
Pada acara itu juga dilaksanakan Arisan Dharma Wanita di Lingkungan Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu yang diketuai oleh Ny H Dumaris Carles Tampubolon. Pada arisan itu selain diisi dengan kegiatan rutin juga diisi dengan kegiatan keterampilan. Pada kegiatan ini hadir diantaranya Ny Khudri dari BPP Panai Hilir, Ny Antonius Silaban, SP dari BPP Pangkatan, Ny Ir Amir Hamjah dari KIPP Labuhanbatu, Ny M Ganti Harahap dari BPP Panai Tengah, Ny Wagimin, SP dari BPP Bilah Hilir, Ny Gusnar dari BPP Bilah Hilir dan Ny Rusli Pohan dari BPP Bilah Hulu.
Pada pertemuan ini disepakati bahwa kegiatan untuk bulan Juli yang akan datang adalah ketrampilan kerajinan tangan dengan merangkai bunga yang akan dibimbing oleh Kasmi Barus (Penyuluh di WKPP Dano Bale). Kegiatan Temu Penyuluh ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh H Hidayat Nasution.(KIPP).      
Share this article :