home
Home » » Plt Sekdakab Buka Latsar Anggota Penanggulangan Bahaya Kebakaran

Plt Sekdakab Buka Latsar Anggota Penanggulangan Bahaya Kebakaran

RANTAUPRAPAT, LT : Plt Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap SH membuka secara resmi acara pelatihan dasar (Latsar) anggota penanggulangan bahaya kebakaran yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Badan Kesbangpol Linmas) di Aula Kompi Senapan C Yonif 126 Kala Cakti Rantauprapat, Selasa (18/6-13).

Ali Usman mengatakan, institusi penanggulangan bencana di Labuhanbatu memang belum ada namun gugus tugas penanggulangan benca tersebut melekat di Badan Kesbangpol Linmas. Sampai saat ini, katanya, setiap bencana yang terjadi di daerah ini selalu disahuti dan ditangani oleh satuan penanggulangan bencana Badan Kesbangpol Linmas dengan baik, seperti penanggulangan kecelakaan di air, bencana kebakaran, bencana puting beliung, dan lain sebagainya.
Kedepan, ungkapnya, Pemkab Labuhanbatu akan membentuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Labuhanbatu agar penanganan bencana di daerah ini lebih vokus dan terarah lebih baik lagi. “Saat ini sedang dilakukan pembahasan pembentukan badan ini, Insya Allah tahun 2014 sudah lahir Badan Nasional Penanggulangan Bencana”, katanya.
Sementara itu Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dalam pidato sambutan dan arahan tertulisnya yang dibacakan Plt Sekdakab H Ali Usman Harahap SH meminta kepada satuan tugas penanggulangan bahaya kebakaran Badan Kesbangpol Linmas untuk senantiasa memberikan pelayanan perlindungan bahaya kebakaran terhadap asset masyarakat dan dunia usaha.
Dengan berbagai kemungkinan bencana dapat saja terjadi, kata Bupati, baik yang diakibatkan factor alam, non alam, social dan kelalaian manusia yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana kebakaran seperti kebakaran hutan, kebakaran gedung perkantoran dan pemukiman warga.
“Oleh karena itu perlu adanya deteksi dini dalam penanggulangan bencana bahaya kebakaran. Ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pengawasan secara sistematis”, kata Bupati.
Pada kesempatan itu bupati menyampaikan beberapa data bencana yang terjadi di Kabupaten Labuhanbatu pada tahun 2012 lalu, yakni bencana angin putting beliung di kecamatan Bilah Barat, Rantau Utara dan Kecamatan Bilah Hulu yang mengakibatkan kerugian materi sebesar Rp 4 milyar dengan rincian rumah sebanyak 149 unit dengan menelan korban 1 orang.
Disamping itu, pada tahun 2012 juga terjadi bencana kebakaran sebanyak 26 kali berupa kebakaran pemukiman warga yang diperkirakan menelan kerugian sebesar Rp 4,5 milyar dengan kerusakan rumah sebanyak 38 unit.
Untuk meminimalisir itu, kata Bupati, pada tahun-tahun mendatang melalui pendidikan dasar pencegahan penanggulangan bencana kebakaran nantinya dapat mengurangi resiko yang ditimbulkan baik berupa harta benda, jiwa dan phisikis.
Kepala Badan Kesbangpol Linmas, H Hasnul Basri S Sos mengatakan, kegiatan Latsar itu dilaksanakan bertujuan untuk mewujudkan pelaksanaan kewaspadaan dini dalam menghadapi bencana di daerah dan mewujudkan peningkatan pemahaman dan komitmen aparatur dalam meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana.
Dari kegiatan itu, katanya, diharapkan akan terwujud pemahaman penanggulangan bencana dan terwujudnya koordinasi yang sinergis dalam meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana serta terwujudnya kesiapsiagaan aparatur dalam mengantisipasi bencana dengan keterlibatan berbagai unsur.
Dijelaskannya, bahwa Latsar itu diikuti sebanyak 29 orang peserta yang terdiri dari anggota penanggulangan bahaya kebakaran Badan Kesbangpol Linmas. Hadir pada acara itu Kasdim 0209 Labuhanbatu, Danki Kompi C Yonif 126/KC Rantauprapat, Asisten Pemerintahan Drs H Sarbaini, dan para kepala SKPD.(ZAP)
Share this article :