home
Home » » Kaji Tindak Agribisnis Cabai Merah di BPP Kecanatan Pangkatan

Kaji Tindak Agribisnis Cabai Merah di BPP Kecanatan Pangkatan



PANGKATAN, ILC : Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pangkatan melakukan Kaji Tindak Agribisnis Cabai Merah yang didanai oleh Program Pemberdayaan Petani melalui Teknologi Pertanian (P3TIP) pada Anggaran Tahun 2011.
Fhoto_Kaji_Tindak_Cabai_Merah_BPP_Pangkatan_2.JPG
Kajian kaji tindak ini memperoleh dana sebesar Rp 9.000.000,- dengan kesepakatan bersama dan hasil musyawarah seluruh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang bertugas di Kecamatan Pangkatan menetapkan untuk menanam cabe merah dengan alasan seluruh PPL di Pangkatan memiliki kemampuan untuk melaksanakan Program Agribisnis Cabai Merah baik secara fisik maupun secara non fisik.
Kegiatan ini dilaksanakan secara gotong royong yang dimulai pada bulan Oktober 2011 s/d sekarang panen masih berlangsung. Pertanaman cabai merah dimulai dari pembibitan, pengolahan tanah, pembuatan bedengan, pemasangan mulsa, penanaman, perawatan, serta panen. Teknologi Budidaya cabai merah ini didapat dari buku-buku, brosur, leaflet dan ada yang diperoleh dari media Internet. Kegiatan rutin ini dilakukan 2 kali seminggu, akan tetapi jika kegiatan belum selesai hari pertemuannya dapat ditambah.
Kepala Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Carles Tampubolon SST menegaskan agar kegiatan Kaji Tindak ini dikembangkan dengan menerapkan prinsip-prinsip Agribisnis. Kegiatan Kaji Tindak ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan penyuluh dalam budidaya cabai merah dan kemudian membuat analisa, melihat peluang pasar yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.
Selain itu kegiatan ini juga menjadi percontohan kepada masyarakat dan anggota kelompok tani serta petani tentang budidaya cabai merah, dimana hasil penjualan (penghasilan) ini dikelolah sendiri oleh penyuluh. Perencanaan pendapatan yang diperoleh akan digunakan untuk mendanai kembali kaji tindak ke komoditi tanaman jagung.
Kegiatan Kaji Tindak dengan komoditi Agribisnis Cabai Merah dilaksanakan oleh Penyuluh BPP Pangkatan antara lain : Ibrahim ( PPL Koordinator), Antonius Silaban, SP (PPL Supervisor), Imam Pasaribu, SP (PPL), Edi Supriadi (PPL), Suzaenab, SP (PPL), Asmawati (PPL), Sridawati, SP (PPL), Edi Kurniawan (PPL).(KIPP).
Share this article :