home
Home » » Bupati Buka Bimtek Legal Drafting Pembentukan Produk Hukum Daerah

Bupati Buka Bimtek Legal Drafting Pembentukan Produk Hukum Daerah



RANTAUPRAPAT, ILC : Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Legal Drafting Pembentukan Produk Hukum Daerah di Kabupaten Labuhanbatu yang berlangsung di ruang data dan karya kantor bupati, Rabu (13/6-12).
BIMTEK_LEGAL_DRAFTING_1.jpg
Bupati Tigor Panusunan Siregar menyampaikan rasa bangganya kepada PNS di lingkungan Pemkab Labuhanbatu apabila dapat menghasilkan produk hukum yang tidak cacat hukum saat memproduksinya. “Saya akan bangga seandainya produk dokumen yang kita produksi seperti peraturan bupati, peraturan daerah, surat keputusan dan lain-lain tidak cacat hukum”, kata Tigor, seraya meminta Sekdakab H Ali Usman Harahap SH untuk terus melakukan Bimtek secara berkala di lingkungan Pemkab Labuhanbatu.
Pada bagian lain Tigor mengatakan, bahwa program “pendidikan gratis” yang akan dilounching sebulan ke depan adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang hasilnya akan dirasakan dalam kurun waktu 15-20 tahun mendatang.
Terkait dengan program “pendidikan gratis” ini, kata Tigor, Pemkab Labuhanbatu telah menyiapkan system jaringan internet di seluruh sekolah SMA lengkap dengan laboratorium komputernya. Hal ini dimaksudkan agar seluruh anak SMA di Labuhanbatu, baik yang ada di kota maupun di pelosok desa mendapat fasilitas dan mengakses pendidikan yang sama.
“Saya berkeinginan anak yang sekolah di Sungai Berombang tidak kalah dengan anak yang bersekolah di SMA Plus Rantauprapat. Anak di Sei Berombang tidak perlu ke Rantauprapat, karena mutu dan fasilitas pendidikan di Sei Berombang dengan di Rantauprapat sudah sama”, tegas Tigor.
Dalam program peningkatan mutu pendidikan ini, tambahnya, setiap anak akan mendapatkan subsidi dari dana APBD Kabupaten Labuhanbatu rata-rata sebesar Rp 580.000,- per semester. Jadi setiap tahun Pemkab Labuhanbatu akan mensubsidi setiap anak sebesar Rp 1.600.000,-.
“Dengan demikian diharapkan pada tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak lagi anak Labuhanbatu yang masuk ke perguruan tinggi negeri”, harapnya.
Terkait dengan akan diambilalihnya penanganan pendidikan gratis oleh pemerintah pusat pada tahun 2013, Tigor mengatakan, bahwa dana program pendidikan gratis yang ditampung di APBD Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp 8 milyar akan dialihkan untuk program beasiswa bagi siswa berprestasi.
Program beasiswa ini tidak hanya untuk keluarga miskin tetapi untuk setiap siswa yang berprestasi, apakah itu dari keluaga mampu atau tidak mampu. “Kita akan berikan beasiswa kepada setiap siswa yang berprestasi tanpa memandang latar belakang ekonomi siswa tersebut”, ujar Tigor.
Pada kesempatan itu Tigor kembali menjelaskan, bahwa anggaran APBD Kabupaten Labuhanbatu TA 2011 hampir 98% diserap untuk belanja pegawai. Besarnya serapan itu, kata Tigor, membuat dirinya memangkas uang kesejahteraan PNS yang dipergunakan untuk menutupi defisit anggaran.
“Masa-masa sulit itu telah kita lewati dengan bertambahnya kucuran anggaran dari pemerintah pusat, mudah-mudahan tahun 2013 saya akan memberikan uang kesejahteraan yang lebih baik kepada PNS”, kata Tigor yang mendapat aplaus dari peserta Bimtek.
Sementara itu ketua panitia pelaksana Siti Hapsah Silalahi dalam laporannya mengatakan, Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 13-14 Juni 2012 diikuti sebanyak 90 orang peserta dari seluruh SKPD Kabupaten Labuhanbatu.
Adapun narasumber adalah Prof DR Solly Lubis SH (Ketua Laboratorium Konstitusi dan HAM Nusantara/Guru Besar Hukum Tata Negara FH USU), Prof DR M Yamin Lubis SH MS CN (Wakil Ketua Laboratorium Konstutusi dan HAM Nusantara/Guru Besar Hukum Agraria FH USU), Kurniawan Telaumbanua SH MHum (Kepala Sub Bidang Pengembangan Hukum Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Prov. Sumut), Eka NAM Sihombing SH MHum (Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Prov. Sumut).
Hadir pada acara itu Sekdakab H Ali Usman Harahap SH, Asisten Administrasi Pemerintahan Drs H Sarbaini, Asisten Administrasi Ekbang dan Kesos H Burhanuddin Rambe SH, Asisten Administrasi Umum Elfin Riswan SE, para kepala SKPD dan para kepala bagian Setdakab Labuhanbatu.(TM1).
Share this article :