home
Home » » Bupati Labuhanbatu peduli Terhadap BPD

Bupati Labuhanbatu peduli Terhadap BPD

RANTAUPRAPAT, (LT)  Kami atas nama BPD (Badan Permusyawaratan Desa) merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Labuhanbatu yang telah begitu peduli dengan keberadaan BPD di wilayah Kabupaten Labuhanbatu khususnya BPD di Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan, karena mulai bulan Januari 2014 telah menganggarkan dan akan memberikan honor kepada seluruh Ketua dan Anggota BPD sebesar Rp.100 Ribu.
            Ungkapan itu langsung dikatakan Sutrisno Ketua BPD Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan saat dikonfirmasi tentang honor Rp.100 Ribu, tersebut, Kamis (3/4) disela-sela acara Peresmian Ketua dan Anggota BPD se Kecamatan Pangkatan dan Kecamatan Bilah Hilir yang berlangsung di Lapangan Bolakaki Dusun Sidodadi C Desa Kampung Padang.
            “Mengenai honor yang akan diberikan Pemkab Labuhanbatu Sutrisno mengatakan, honor yang diberikan itu janganlah dinilai dari besar kecil honornya tapi ini adalah merupakan penghargaan atau penghormatan dari Bupati Labuhanbatu, insya Allah kalau dapat, honor tersebut diberikan langsung melalui rekening masing-masing sehingga tidak ada curiga-curigaan, disamping itu kami atasnama BPD mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Labuhanbatu yang telah begitu peduli dengan keberadaan BPD ini di Kabupaten Labuhanbatu”, kata Sutrisno.
            Sutrisno menambahkan, Dalam melaksanakan program kerja BPD, kami akan bekerjasama dengan kepala desa dan perangkatnya dalam menjalankan program-program Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan pembangunan yang dilaksanakan, karena semua pembangunan itu tujuannya adalah untuk kepentingan masyarakat. Apapun ceritanya kita adalah perwakilan dari desa masing-masing yang dipercayakan oleh masyarakat untuk mengawasi dan mewakili aspirasi masyarakat, untuk itu kami akan selalu mengawasi kegiatan kepala desa yang dijalankannya, intinya bekerjasama yang baiklah dari Kabupaten, Kecamatan dan Desa agar program untuk membangun desa dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan Bapak Bupati Labuhanbatu, ungkapnya.
            Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD dalam arahannya pada acara peresmian BPD dua kecamatan itu mengatakan, BPD ini adalah suatu bentuk organisasi ditingkat desa yang mengacu kepada undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, kepala desa dianggap sebagai eksekutif atau pelaksana kegiatan dan pengelola kegiatan. Siapa yang mengawasi kepala desa, maka yang mengawasi kepala desa adalah BPD, karena tidak ada yang mengawasi seseorang yang sedang bekerja dan sedang memangku amanah, sebagai contoh kepala desa, maka cenderung dia akan berbuat salah, oleh karena itu peran kepala desa dengan struktur oragnisasinya akan diawasi oleh BPD. BPD itu hampir sama statusnya dengan DPRD Kabupaten Labuhanbatu yang mengawasi pekerjaan Bupati, jadi kita menganut tim pengawasan yang seperti ini dialam demokrasi.
Kepada Ketua dan Anggota BPD yang dilantik, saya mengucapkan selamat bekerja dan bekerjasamalah dengan kepala desa beserta perangkatnya untuk membangun desa. Diperkirakan sesuai dengan undang-undang nomor 6 tersebut, tahun 2016 Pemerintah akan mengalokasikan kepada desa anggaran minimal Rp.1 Millyar/Desa yang dikelola oleh kepala desa. “uang ini akan dikelola kepala desa dan yang mengawasi adalah BPD dan BPD juga harus bekerja untuk masyarakat desa”, kata Tigor.
Mulai Januari 2014 BPD akan mendapat honor sebesar Rp.100 ribu/bulan sebagai penghormatan, mungkin akan diberikan pertriwulan, monitor hal itu supaya jangan dipotong oleh kepala desa. “Honor yang diberikan itu nanti jangan dinilai dari rupiahnya, cuma saudaralah yang menerima honor tersebut, di Sumatera Utara banyak BPD tapi yang mendapat honor hanya di Kabupaten Labuhanbatu, memang masih kecil tapi itu adalah penghormatan kepada saudara, karena penghormatan itu tidak bisa dinilai dengan rupiah dan sebagai BPD saudara membawa aspirasi masyarakat dilingkungan saudara dan itu yang saya hargai, mungkin tahun 2015 akan saya naikkan lagi”, jelas Tigor.
          Dalam kegiatan acara peresmian BPD itu, Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD telah menerima penyerahan hibah tanah dari masyarakat untuk pembangunan SMP Negeri di Desa Tebing Tinggi Pangkatan seluas 6057 M2 yang diserahkan oleh Abdul Halim Hasibuan dan Ahmad Nazan. Selain itu Bupati juga menyerahkan dana kelompok simpan pinjam perempuan (SPP) Kecamatan Bilah Hilir untuk 2 kelompok, yaitu kelompok SPP Oriza Desa Kampung Bilah dan SPP Satu Desa Perkebunan Sennah Kecamatan Bilah Hilir, masing-masing kelompok SPP menerima Rp.50 Juta. Setelah itu menyerahkan bantuan peralatan UKS KIT untuk Puskesmas Pangkatan oleh SD 112199 dan Puskesmas Negeri Lama oleh SMAN 1 serta Puskesmas Tanjung Haloban oleh SD 116892.
            Peresmian BPD yang bertema “ Kita Wujudkan Keberdayaan Masyarakat Membangun Desa” itu dihadiri para Asisten dan Kabag dilingkungan Setdakab, para Kepala SKPD, Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten, Camat Pangkatan dan Camat Bilah Hilir serta Kepala Desa dan tokoh masyarakat Desa Kampung Padang.
Teks Foto : Sutrisno Ketua BPD Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan saat menerima SK Pelantikan/Peresmian dari Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD pada acara Peresmian BPD se Kecamatan Pangkatan dan Bilah Hilir di Lapangan Bolakaki Dusun Sidodadi C Desa Kampung Padang.
Share this article :