home
Home » » Harus Bangga Mempunyai Pahlawan-Pahlawan Wanita

Harus Bangga Mempunyai Pahlawan-Pahlawan Wanita

RANTAUPRAPAT, (LT) 
 Kita harus merasa bangga mempunyai pahlawan-pahlawan wanita yang menganggap bahwa pendidikan adalah masalah mendasar yang sangat penting bagi kehidupan, kebanggaan tersebut kita teruskan dengan upaya untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan serta semangat ingin maju melalui peningkatan pengetahuan dan pendidikan formal dan bukan hanya berputar pada masalah pupur, dapur dan kasur.
            Hal itu dikatakan Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD dalam arahannya pada Peringatan Hari Kartini ke- 50 dan Pencanangan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2014, Selasa (22/4) yang digelar di Ballroom Hotel Suzuya Rantauprapat.
            Menurut Tigor, peranan kaum perempuan tidak bisa terlepas dari dukungan keluarga dan peluang serta kesempatan yang ada. Saat ini di Kabupaten Labuhanbatu persentase kaum perempuan yang bekerja lebih kurang 20 persen, sedangkan profesi yang didominasi kaum perempuan seperti PNS, Guru, Tenaga Kesehatan serta Pedagang, dengan jumlah yang relatif sama dengan kaum laki-laki, untuk itu saya berharap kaum perempuan dapat lebih berperan pada jabatan public dan politik sehingga ikut serta menentukan arah dan kebijakan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.
            Peringatan Hari Kartini Ke-50 Tahun ini mengusung slogan “Perempuan Berdaya Labuhanbatu Jaya”, hal ini menunjukkan betapa besarnya peran kaum perempuan sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya. Peran sebagai ibu harus mampu mendidik dan mengasuh anak-anaknya sehingga melahirkan generasi yang berakhlak mulia, tangguh, cerdas dan berkepribadian luhur yang akan menjadikan Labuhanbatu lebih maju dan jaya dimasa yang akan datang, jelas Tigor dihadapan sekitar 600 orang kaum perempuan yang menghadiri Peringatan Hari Kartini tersebut.
            Suami dr. Hj Fitra Laila, Sp.THT itu menambahkan, Peringatan Hari Kartini ini sekaligus dilaksanakan Pencanangan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-KES Tahun 2014 dan Gerakan Sayang Ibu yang merupakan suatu gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat bekerjasama dengan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui berbagai kegiatan yang mempunyai dampak terhadap upaya penurunan angka kematian Ibu dan angka kematian Bayi.
Hal ini sejalan dengan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang memiliki tiga pilar perjuangan, yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi. Berhasil tidaknya seorang perempuan berperan sebagai Kartini masa kini apabila ia mampu meningkatkan pengetahuan melalui Pendidikan, melakukan upaya Kesehatan yang optimal serta ikut menopang Perekonomian keluarga, ungkap Tigor.
Sebelumnya, Ketua IBI Labuhanbatu Hj. Rolbariah, SKm selaku panitia pelaksana dalam laporannya menjelaskan, bahwa rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kartini Ke-50 dan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-KES ini adalah memberikan pelayanan IUD dan Implant di Sembilan kecamatan, Pelayanan MOW dan MOP di RSUD Rantauprapat pada tanggal 13 Maret 2014 lalu, Pelayanan MOP, IUD dan Implant pada tanggal 31 Maret 2014 lalu di Kantor UPT BP2KB Kecamatan Rantau Utara, Lomba Desain Spanduk dan Yel-Yel serta Senam Massal yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 April 2014 di Lapangan Ikabina Rantauprapat, jelasnya.       
Peringatan Hari Kartini dan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-KES Tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang bertemakan “Semangat Kartini Mendorong Kaum Perempuan Lebih Mandiri dan Berkwalitas” ini ditandai dengan pembacaan sejarah singkat Hari Kartini yang dibacakan oleh Ketua Persit KCK Kodim 0209 Labuhanbatu dan pemukulan gong oleh Bupati Labuhanbatu yang dirangkai dengan pemberian bantuan kepada janda keluarga kurang mampu dari Sembilan kecamatan yang diserahkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT, bahkan kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Suhari Pane, SIP, Unsur Muspida, Plt. Sekdakab dan Kepala SKPD serta Camat se-Labuhanbatu tersebut juga dihiasai dengan berbagai kegiatan seperti fassion show dengan menampilkan anak-anak PAUD Kartini dan PAUD Kuntum Bumi Rantauprapat serta pemberian hadiah dan kegiatan hiburan lainnya.
Teks Foto : Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD disaksikan Unsur Muspda terlihat memukul gong pada Pencanangan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-Kes Tahun 2014 di Ballroom Hotel Suzuya Rantauprapat.
Share this article :