home
Home » » Pendidikan Harus Dimulai Dari Buaian Sampai Keliang Lahat

Pendidikan Harus Dimulai Dari Buaian Sampai Keliang Lahat

RANTAUPRAPAT, (LT)
 Tinggi rendahnya derajat suatu bangsa ditentukan oleh tinggi rendahnya kualitas pendidikan bangsa itu sendiri dan pendidikan itu harus dimulai dari buaian sampai keliang lahat. Untuk itu mari kita tanamkan niat dan tekat yang bulat disertai ketulusan hati untuk tidak meninggalkan generasi yang lemah ini dikemudian hari, tetapi membentuk generasi penerus yang kuat menghadapi tantangan dimasa depan.
            Demikian ditegaskan Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT, pada saat mengukuhkan 117 orang Bunda PAUD Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (24/4) di Lapangan Posis Sigambal Kecamatan Rantau Selatan, yang ditandai dengan penyelempangan Bunda PAUD dan Penyerahan Surat Keputusan.
            Katanya, sebagai garda terdepan, tertumpu pada para pendidik dan pengelola PAUD agar lebih professional dan berkualitas serta dapat memberi kesempatan belajar bagi anak usia dini secara merata di seluruh Desa, Kelurahan, Kecamatan sampai Kabupaten. Bagi guru-guru PAUD tingkatkan kemampuan dan profesionalisme mendampingi anak-anak kita bermain sambil belajar di pendidikan usia dini dengan pola asah, asuh dan asih yang berkualitas.
            Menurut Fitra Laila, Investasi terbesar pendidikan adalah diusia emas anak 0 - 5 tahun, bukanlah skil yang kita kejar pada usia emas ini, tetapi EQ yang harus kita tanamkan kepada anak-anak PAUD ini dan ini adalah kewajiban serta tanggungjawab kita bersama untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak PAUD di Kabupaten Labuhanbatu.
Khusus kepada Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Labuhanbatu yang baru dikukuhkan, agar sesegera mungkin menata organisasi dan program kerjanya, serta menetapkan jadwal kegiatan dan senantiasa berkoordinasi dengan semua pihak, semoga amanah ini dapat diemban dalam upaya meningkatkan mutu dan akses untuk pendidikan anak usia dini secara merata di Kabupaten Labuhanbatu, jelas Fitra Laila.
Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD dalam arahannya mengatakan, Peningkatan kualitas anak Indonesia melalui pelayanan pendidikan anak usia dini diperlukan upaya bersama dengan melibatkan berbagai unsure, baik itu Pemerintah, Perguruan Tinggi, LSM, Organisasi Profesi, Pendidik, Praktisi dan Masyarakat luas yang berkecimpung dalam program pembinaan PAUD.
Keberadaan Bunda PAUD buklan semata-mata sebagai symbol, tetapi dituntut memiliki peran sebagai tokoh sentral dalam mengembangkan program PAUD di wilayahnya masing-masing. Bunda PAUD juga diharapkan mampu menjalin komunikasi dengan semua kelompok masyarakat di wilayahnya, harus bias melindungi dan mengayomi penyelenggaraan PAUD serta mengkoordinasikan berbagai program layanan anak usia dini yang sekaligus mensinergikan satu sama lainnya.
Disamping itu, Bunda PAUD harus dapat menjadi panutan dan tauladan bagi anak usia dini dan masyarakat serta membina kelangsungan program PAUD dan harus dapat memperhatikan serta mengembangkan pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan, perawatan dan perlindungan anak. Untuk itu saya menghimbau, kepada Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Labuhanbatu, berbuatlah untuk kemajuan program PAUD di wilayahnya masing-masing dan saya ucapkan selamat kepada para ibu-ibu atas penobatan/pengukuhannya menjadi Bunda PAUD, kata Tigor mengakhiri arahannya.
Acara Pengukuhan Bunda PAUD yang dihadiri ribuan orang ini dirangkai dengan kegiatan tarian massal oleh ratusan anak-anak PAUD dengan judul “Badinding” dan senam Massal dengan judul “Aku Anak Sehat” yang diikuti oleh Bupati dr.H Tigor Panusunan Siregar, SpPD dan Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT, serta atraksi drumband oleh anak-anak PAUD Marhamah dan PAUD Kartini Rantauprapat.
Teks Foto : Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT saat mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Labuhanbatu di Lapangan Posis Sigambal Kecamatan Rantau Selatan.
Share this article :