home
Home » » Kita Harus Belajar Mengawasi Orang

Kita Harus Belajar Mengawasi Orang

RANTAUPRAPAT,(LT)
 Undang-Undang No.6 Tahun 2014 sudah diberlakukan dan semua isinya itu akan dilaksanakan secara mutlak pada Tahun 2016, maka pada saat itu desa akan mendapat uang Rp. 1 Millyar minimal setiap desa dan undang-undang yang mengamanatkan itu, siapa yang memegang uang ini, siapa yang mengawasi uang ini, kalau tidak ada BPD maka Kepala Desa bisa jalan melenceng dan terkait dengan hukum, untuk itu kita harus belajar agar bisa mengawasi orang termasuk Kepala Desa.
            Hal itu dijelaskan Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD dalam arahannya pada acara Peresmian BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Kecamatan Panai Hilir, Panai Tengah dan Panai Hulu Periode 2013 – 2019, Sabtu (29/3) di Lapangan Bola Ikalia Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah yang dihadiri Plt. Sekdakab H Ali Usman Harahap, SH dan Ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Fitra Laila, Sp.THT.
            Katanya, undang-undang mengamanatkan akan ada uang disalurkan kedesa minimal Rp. 1 Millyar/desa, itu akan terjadi pada tahun 2016 secara bertahap, apakah tahun 2015 nanti mereka akan kirim rupiah Rp.500 juta/desa, kita belum tahu, tetapi undang-undang mengamanatkan tahun 2016 itu harus dikirim kesetiap desa dan dikelola oleh kepala desa dengan perangkatnya, ada tanggung jawab saudara sebagai Anggota dan Ketua BPD disitu, jelas Tigor.
            Tigor menambahkan, untuk mengawasi hal tersebut, maka Pemkab Labuhanbatu mulai tahun ini akan memberikan honor untuk Ketua dan anggota BPD dan ini merupakan uji coba untuk Ketua dan anggota DPD dalam meningkatkan pengawasan serta mendukung tugas-tugas di pemerintahan desa, untuk itu saya berharap kepada Ketua dan Anggota BPF jangan merasa kecewa kalau saat ini honornya masih rendah dan itu akan menjadi perhatian saya untuk meningkatkannya.
            Disamping itu Tigor juga mengingatkan para Kepala Desa dan Perangkatnya bahwa BPF adalah mitra kerja, untuk itu saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melaksanakan koordinasi maupun konsultasi serta bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa. Khusus kepada Ketua dan Anggota BPF saya ingatkan untuk bekerja lebih giat dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh serta penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
            Dalam kegiatan Peresmian BPD Tiga Kecamatan itu, Bupati Labuhanbatu didampingi Kabag Pembangunan Setdakab Ir. H Suprapto menyerahkan Program Pembangunan dan Kegiatan Tahun Anggaran 2014 Pemkab Labuhanbatu kepada Camat se Kabupaten Labuhanbatu yakni Camat Ratau Utara, Rantau Selatan, Bilah Hulu, Bilah Barat, Pangkatan, Bilah Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah dan Panai Hilir. Kemudian Bupati disaksikan Kadis Kesehatan Labuhanbatu Hj. Helifenida, SKM, M.Kes juga menyerahkan Mobil Ambulance BK 1181 Y untuk Operasional Puskesmas Desa Sei Pegantungan yang diterima Kapus dr. Piter Situngkir dan menyerahkan Posyandu KIT untuk Kecamatan Panai Hulu, Panai Tengah dan Panai Hilir.
            Selain itu Tigor didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu dr Hj.Fitra Laila, Sp.THT dalam kegiatan itu menyerahkan Kunci Bedah Rumah Tahun 2013 sebanyak 11 unit serta penyerahan sertifikat ucapan terimaksih kepada pihak perusahaan yang berpartisipasi dalam pelaksanaan Bedah Rumah tersebut yakni PT. Hijau Pryan Perdana, PT. Perkebunana Nusantara III dan PT. Lingga Tiga Sawit serta penyerahan dana bergulir SPP berasal dari dana PNPM-MPD untuk Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hulu.
            Bukan itu saja, Bupati Labuhanbatu didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Syahbela Hasibuan, SP dalam kesempatan itu juga menyerahkan bantuan Lumbung Pangan kepada 3 orang Ketua Gapoktan, yakni Gapoktan Harapan Bersama Desa Sungai Sakat Kecamatan Panai Hilir, Gapoktan Tani Makmur Desa Meranti Paham Kecamatan Panai Hulu dan Gapoktan Dosroha Desa Sei Tarolat Kecamatan Bilah Hilir.
            Dalam kesempatan itu Bupati didampingi Kadis Perikanan Ir H Leo Sunarta   menyerahkan bantuan Pengadaan Kapal Motor 5 GT dan Alat Tangkap Ikan Jaring Insang Tahun Anggaran 2013 kepada 13 kelompok nelayan yang berada di Kecamatan Panai Tengah dan Kecamatan Panai Hulu yang terdiri dari Kelompok Nelayan Sejati, Famili Jaya, Nelayan Jaya, Ikabina Barumun, Abafi Jaya, Saufara, Putra Pane, Ika Lia, Bahagia, Usaha Setia Kita dan Kolompok Nelayan Sejahtera masing-masing berposisi di Desa Sei Merdeka Kecamatan Panai Tengah serta Kelompok Nelayan Fajar Menyingsing dan Mentari dari Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu.
            Sofyan Safi’i Ketua Kelompok Nelayan Sejati kepada Bupati Labuhanbatu mengatakan, “kami atas nama masyarakat nelayan Kecamatan Panai Tengah banyak mengucapkan ribuan terimakasih yang telah dapat menyalurkan bantuannya kepada kami, sehingga dapatlah menjadi manfaat bagi kami dan dapat menyelamatkan anak serta istri dan seluruh keluarga kami, semoga kiranya Bapak Bupati dapatlah menjadi Bupati pada tahun-tahun selanjutnya”, katanya singkat dan penuh semangat.(yus).
Teks Foto : Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD saat menyerahkan bantuan Pengadaan Kapal Motor 5 GT kepada Sofyan Safi’i Ketua Kelompok Nelayan Sejati Desa Sei Merdeka Kecamatan Panai Tengah dalam acara Peresmian BPD di Labuhanbilik.

Share this article :