home
Home » » Masyarakat Pembangunan SMP Negeri

Masyarakat Pembangunan SMP Negeri

RANTAUPRAPAT (LT)
Sejak kepemimpinan dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD sebagai Bupati Labuhanbatu yang selalu komit untuk memajukan pendidikan di bumi Ikabina En Pabolo ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan untuk kelangsungan hidup anak dan kemanakannya semakin meningkat, bahkan tanpa diminta mereka dengan ikhlas menghibahkan tanahnya untuk dipergunakan membangun sarana pendidikan  SMP dan SMA, seperti halnya, Selasa (8/4) pagi di Pendopo Rantauprapat, masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat telah menyerahkan hibah tanah mereka kepada Bupati Labuhanbatu untuk pembangunan gedung SMP Negeri.
            Penyerahan sebidang tanah untuk pembangunan SMP Negeri itu seluas 6000 M2, yang diserahkan Darmin didampingi Kepala Dusun I dan Kepala Dusun II serta tokoh masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat kepada Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD disaksikan Plt. Sekdakab H Ali Usman Harahap, SH, Asisten Administrasi Pemerintahan Drs.H.Sarbaini, Kadis Pendidikan Labuhanbatu Drs. H. Iskandar, M.Pd dan Kabag Humas Infokom Drs. Sugeng.
            Kepada Bupati Labuhanbatu, Darmin mengemukakan alasan mereka kenapa menghibahkan sebidang tanah tersebut, yang pertama, bahwa di Desa tersebut saat ini sudah ada 7 unit SD (Sekolah Dasar) namun belum mempunyai SMP, karena tidak ada SMP itu maka anak kemanakan mereka harus sekolah ke Kota Rantauprapat. Yang kedua, karena sekolah ke Kota Rantauprapat itu setiap hari kami harus mengeluarkan biaya transport paling sikit sekitar Rp.10.000,- perhari, itulah alasan kami kenapa menghibahkan tanah ini kepada Bapak Bupati atau Pemkab Labuhanbatu untuk pembangunan SMP Negeri, ungkapnya.
            Bupati Labuhanbatu dr. H Tigor Panusunan Siregar, SpPD dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat yang telah rela menghibahkan tanahnya untuk pembangunan gedung SMP Negeri, ini adalah salah satu upaya dan dukungan masyarakat dalam pembangunan khususnya dibidang pendidikan, mudah-mudahan niat baik masyarakat Desa Kampung Baru ini akan dapat terwujud.
            Pada tahun 2014 ini pembangunan sekolah itu tidak mungkin dilaksanakan karena anggaran APBD sudah berjalan, insya Allah pembangunannya akan kita laksanakan pada tahun anggaran 2015 mendatang, untuk itu masyarakat harus dapat bersabar karena untuk membangun sarana pendidikan ini ada prosesnya, terutama administrasi tanahnya, apakah murni milik masyarakat atau berada di tanah HGU, secara administrasi ini akan kita teliti dulu kebenarannya dan prinsip saya akan berusaha memenuhi keinginan masyarakat Desa Kampung Baru ini, jelas Tigor.
            Dalam kesempatan itu Tigor menyarankan, agar perangkat desa Kampung Baru dapat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Labuhanbatu dalam penerimaan murid baru pada tahun ajaran baru ini, karena gedung sekolah SMPnya belum ada maka untuk sementara waktu menumpang dulu di sekolah dasar, belajar atau masuk sore, sembari menunggu dibangunnya gedung SMP itu proses belajar mengajar dapat terus dilanjutkan, sama seperti sekolah lain yang tanahnya dihibahkan oleh masyarakat, baik ditingkat SMP maupun SMA, begitu gedung sekolah selesai otomatis siswanya pindah ke gedung yang baru.
Dari informasi yang diperoleh semasa kepemimpinan dr H Tigor Panusunan Siregar sebagai Bupati Labuhanbatu, bahwa masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan sarana pendidikan baik Tingkat SMP maupun SMA di Kabupaten Labuhanbatu, selain masyarakat Desa Kampung Baru juga masyarakat Desa Tanjung Medan Kecamatan Bilah Barat (Pembangunan SMA Negeri), Masyarakat Dusun Talun Manumbuk (Pembangunan SMP Negeri), masyarakat Desa Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu untuk membangun SMP dan masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Pangkatan..(tim).
Teks Foto : Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD saat meneliti surat hibah sebidang tanah yang diserahkan masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat untuk pembangunan Gedung SMP Negeri.
Share this article :