home
Home » » UKS Wadah Kesehatan Yang Sangat Penting Dan Strategis

UKS Wadah Kesehatan Yang Sangat Penting Dan Strategis

RANTAUPRAPAT, (LT) :
Plt. Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap, SH selaku Ketua Tim Pembina UKS Kabupaten Labuhanbatu, mengatakan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) merupakan wadah untuk berbagi program, seperti Kesehatan Reproduksi, Gizi, Pencegahan Penyalahgunaan Napza, Pengendalian Penyakit, Penyehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, Pengobatan Sederhana dan lain-lain, sehingga wadah ini menjadi penting dan strategis karena pelaksanaan program melalui UKS jauh lebih efektif dan efisien serta berdaya ungkit lebih besar.Pada pertemuan Akselerasi Pembinaan dan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah yang digelar di Hotel Permata Land Rantauprapat. Senin (21/4)
            Lebih lanjut Ali Usman menyebutkan, Anak usia sekolah merupakan bagian dari anak berusia 6 sampai 18 tahun yang jumlahnya saat ini mencapai seperempat dari total penduduk Indonesia, 80 persen diantaranya ada disekolah, yang artinya lebih dari 50 juta sebagai peserta didik. Mereka adalah sasaran yang strategis untuk pelaksanaan program kesehatan, karena selain jumlahnya yang besar, mereka juga merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik.
            Sifat keingintahuan yang tinggi dan kecenderungan untuk mencoba-coba, menyebabkan mereka mudah dimotivasi dan cepat menerima serta mengadopsi hal-hal baru termasuk pesan kesehatan, selain itu mereka juga memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai Agent Of Change (Agen Pengubah) di lingkungannya masing-masing.
            Menurut Ali Usman, dari data yang ada diketahui jumlah sekolah di Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 486 sekolah, terdiri dari SD/MI sebanyak 305 sekolah, SMP/MTs 109 sekolah dan SMA/MA 72 sekolah. Namun pada kenyataannya UKS yang ada disetiap sekolah tersebut diatas, belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu mampu merubah dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik maupun masyarakat di lingkungan sekolah tersebut.
            Perlu kita ketahui kata Ali Usman, bahwa pada tahun 2013 lalu Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu telah mengadakan UKS KIT sebanyak 196 set yang telah didistribusikan ke 9 Kecamatan atau ke 13 wilayah Puskesmas. Bila dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada, tentunya pengadaan UKS KIT tersebut baru tersedia 40,3 persen. Untuk mendorong dan memacu pelaksanaan UKS di sekolah dan madrasah agar tim Pembina usaha kesehatan sekolah yang telah terbentuk dari mulai tingkat Kabupaten dan Kecamatan mampu melaksanakan tugas untuk membina, mendorong, memfasilitasi dan memantau serta mengevaluasi pelaksanaan UKS di wilayah kerjanya.
            Dalam kesempatan itu Ali Usman menekankan, sehubungan dengan hal tersebut perlu dilakukan upaya terobosan untuk mempercepat pencapaian tujuan UKS melalui Akselerasi Pembinaan dan Pelaksanaan UKS, dengan menggali, memanfaatkan dan memaksimalkan semua potensi sumber daya yang tersedia serta memperkuat kemitraan dengan semua pemangku kepentingan.
            Sementara, dr. Hj. Nuraini Siregar Kasi Kesehatan Ibu dan Anak Dinas Kesehatan Labuhanbatu selaku panitia pelaksana menjelaskan, bahwa peserta pertemuan Akselerasi Pembinaan dan Pelaksanaan UKS sebanyak 25 orang, terdiri dari Tim Pembina UKS Kabupaten, Tim Pembina UKS Kecamatan dan Guru UKS dari perwakilan sekolah Kabupaten Labuhanbatu dengan nara sumber berasal dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan TP UKS Provinsi Sumatera Utara.
            Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan setingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, jelas Nuraini.
            Kegiatan Pertemuan Akselerasi Pembinaan dan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah ini langsung dihadiri Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Hj. Helifenida, SKM. M.Kes dan sejumlah Kepala SKPD di jajaran Pemkab Labuhanbatu.
Teks Foto : Plt. Sekdakab Labuhanbatu H Ali Usman Harahap, SH selaku Ketua Tim Pembina UKS Kabupaten Labuhanbatu, saat menyampaikan arahannya pada Pertemuan Akselerasi Pembinaan dan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Hotel Permata Land Rantauprapat.
Share this article :